Pedoman Akademik

A.Pedoman Akademik

 Sejarah Singkat

 Program Pascasarjana Program Studi Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia dirintis sejak tahun 2009 dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 1705/D/T/2009 tanggal 17 September 2009.

 

Kegiatan pendaftaran mahasiswa Program Magister Ilmu Administrasi Pascasarjana UPMI Medan mulai dilakukan pada Tahun Akademik 2009/2010 dengan membuka tiga konsentrasi yaitu Administrasi Pemerintahan Daerah, Administrasi Pendidikan dan Administrasi Bisnis. 

 

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi :

menghasilkan sumberdaya yang handal, bertaqwa dan mampu menggunakan pendekatan dan teknologi sehingga mampu mengembangkan dan menerapkan Ilmu Administrasi yang focus pada kebijakan publik secara bijaksana dan professional serta memiliki daya saing yang tinggi baik secara nasional maupun internasional pada Tahun 2020

 

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan kebijakan publik secara berkualitas, profesional, dan berkelanjutan dengan berorientasi pada kepentingan masyarakat dan pembangunan.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu administrasi yang fokus kepada kebijakan publik serta mengupayakan pemanfaatannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Medan dan umumnya Indonesia.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan wawasan khususnya dibidang administrasi pada birokrat, sehingga yang bersangkutan dapat meningkatkan kinerjanya secara profesional, tanggap, peduli, dan jujur.
  4. Mempersiapkan alumni yang berkualitas dalam menganalisis suatu pemecahan masalah secara ilmiah dan profesional

 

Tujuan :

  1. Menyelenggarakan pendidikan Program Magister Ilmu Administrasi yang focus pada kebijakan publik sebagai perwujudan dan antisipasi dari perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat yang mengalami perkembangan sangat komplek dan kritis terhadap persoalan-persoalan administrasi
  2. Mendorong terciptanya proses penyelenggaraan pendidikan yang professional, berkualitas dengan mengacu pada standar mutu yang tinggi, akan tertuang dalam kurikulum dan silabi serta dijabarkan pada konsentrasi
  3. Membangun budaya ilmiah, dan budaya kerja yang professional berlandaskan pada semangat kekeluargaan guna meningkatkan kinerja kelembagaan dan kesejahteraan bersama
  4. Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang diharapkan mampu secara proaktif berperan dalam pembangunan nasional dan relevan dengan kepentingan masyarakat, diwujudkan dengan turut merencanakan, merumuskan, menganalisis, melaksanakan, mengendalikan dan mengevaluasi kebijakan secara cepat, efektif dan efisien.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan bersaing dengan komitmen yang tinggi terhadap kerakyatan, professional, kritis, terutama yang berkaitan dengan hubungan antara Negara dengan masyarakat.

 

Tujuan Pendidikan

 

Tujuan pendidikan Program Pascasarjana Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan sejalan dengan tujuan pendidikan nasional sebagaimana dikemukakan dalam Kepmendiknas 232/U/2000 yaitu Program Magister bertujuan untuk  menghasilkan magister yang  mampu :

a)    Mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya.

b)    Memecahkan permasalahan di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.

c)    Mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacukupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau profesi serupa.

 

Pengelola dan Struktur Organisasi

 

Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia dipimpin oleh Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi yang membidangi Bagian Akademik dan Bagian Administrasi Umum dan Keuangan, yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor melalui Dekan, dengan susunan Personalianya sebagai berikut :

 

Penanggung Jawab                                   : Rektor  

                                                              § Wakil Rektor I

                                                              § Wakil Rektor II

                                                              § Wakil Rektor III

Ketua Program Studi                       : Dr. H. Didin Muhafidin, S.IP., M.Si

Sekretaris                                          : Dr. Amin Ibrahim, Drs., MA

 

Selanjutnya digambarkan struktur organisasi dari Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, sebagai berikut:

 

 

Struktur Organisasi Program MIA UPMI Medan

Tugas Pokok dan Fungsi

Ketentuan Umum

 

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan mahasiswa baru di Program Magister Ilmu Administrasi UPMI Medan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Memenuhi persyaratan akademik;
  2. Kelengkapan persyaratan administrasi yang ditentukan;
  3. Kapasistas daya tampung per Program Studi.

 

Persyaratan Akademik

1)  Calon mahasiswa baru harus memiliki Ijazah Kesarjanaan yang sebidang dengan Program Studi yang dipilih pada Program Pascasarjana Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif ³ 2,75 (pada skala 0-4) atau ³ 6,25 (pada skala 0-10).  Memiliki Sertifikat TPA OTO Bappenas, dan bagi calon mahasiswa yang tidak memiliki Sertifikat TPA OTO Bappenas diwajibkan untuk mengikuti Ujian TPA yang dilaksanakan sebelum perkuliahan Program Alih Tahun (PAT);

2)  Calon Mahasiswa dengan Ijazah Kesarjanaannya tidak sebidang dengan Program Studi yang dipilih atau memiliki IPK kurang dari persyaratan di atas, harus mengikuti Program Matrikulasi (digabung dengan Perkuliahan Alih Tahun) dan harus lulus dengan nilai minimum 2,75.

 

Prosedur Pendaftaran

Calon mahasiswa mengajukan lamaran tertulis dan mengisi formulir yang telah disediakan, ditujukan kepada :

Ketua Program Studi

Magister Ilmu Administrasi Negara

Pascasarjana Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan

Jl. Teladan No. 15 Medan

Telp. 061-7362927, 7365650  Fax. 061-7365650

 

Permohonan dilampiri masing-masing rangkap 2 (dua), meliputi :

a)      Formulir pendaftaran yang telah disediakan;

b)      Salinan ijazah yang telah disahkan;

c)      Salinan daftar nilai selama di Perguruan Tinggi yang telah disahkan; bagi yang dari PTS harus menyerahkan nilai ujian Negara;

d)      Karya Ilmiah setelah lulus kesarjanaannya (bilamana ada);

e)      Surat keterangan kesehatan/termasuk kesehatan paru-paru;

f)       Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi;

g)      Pas foto terbaru berwarna ukuran :

  • 2 x 3 sebanyak 4 lembar
  • 3 x 4 sebanyak 4 lembar
  • 4 x 6 sebanyak 4 lembar

h)     Foto copy sertifikat TPA OTO Bappenas;

i)        Foto copy sertifikat TOEFL/setara TOEFL.

 

 

Waktu pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada awal bulan Februari sampai dengan akhir bulan Juni.

 

Seleksi pelamar/kriteria penerimaan

Seleksi pelamar dilaksanakan oleh tim yang terdiri dari Ketua Program Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan sebagai Ketua, dan Sekretaris sebagai anggota;

Seleksi pelamar dilakukan paling lambat pada minggu ketiga bulan Mei dan keputusan penerimaan mahasiswa diputuskan oleh Rektor atas usul Ketua Program Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan melalui Dekan.  Penerimaan dan penolakan menjadi mahasiswa akan diberitahukan secara tertulis oleh Ketua Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

 

Program Alih Tahun (PAT)

Program Alih Tahun (PAT) diberikan kepada calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi yang diadakan pada bulan Juli dan Agustus setiap tahun akademik.  Tujuan pelaksanaan Program Alih Tahun (PAT) adalah untuk memberikan penyegaran dan penyamaan persepsi tentang ilmu administrasi khususnya kepada calon mahasiswa yang memiliki ijazah kesarjanaan tidak sebidang dengan ilmu administrasi negara.  Adapun mata kuliah yang diberikan dalam Program Alih Tahun (PAT), yaitu :

a)    Filsafat dan Ilmu administrasi Pemerintahan

b)    Prinsip-Prinsip Ilmu Administrasi

c)    Statistik Sosial

d)    Bahasa Inggris

 

Bagi mereka yang dinyatakan lulus dalam mengikuti Program Alih Tahun (PAT) untuk selanjutnya mengikuti perkuliahan yang dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Desember.

 

Program Akademik

Mahasiswa dan Pendaftaran Mahasiswa

Mahasiswa Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan adalah mereka yang terdaftar menjadi mahasiswa pada semester yang sedang berjalan. Mahasiswa diwajibkan mendaftar ulang setiap semester sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dan bagi yang tidak mendaftar ulang atau her registrasi selama 3 (tiga) kali berturut-turut, maka mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan sebagai mahasiswa yang tidak aktif. Pendaftaran mahasiswa dilakukan di Bagian Akademik Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat IndonesiaMedan.

 

Mahasiswa yang melaksanakan pendaftaran, bagi mahasiswa baru harus datang sendiri, untuk :

1)    Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

2)    Menunjukkan bukti pembayaran uang pendaftaran.

3)    Menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran :

a)     2 x 3 sebanyak 4 lembar

b)    3 x 4 sebanyak 4 lembar

c)     4 x 6 sebanyak 4 lembar

4)    Memenuhi persyaratan lain yang telah ditetapkan oleh Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

Bagi mahasiswa lama harus menyertakan copy Kartu Hasil Studi (KHS).

 

Tenaga Akademik

Tenaga akademik adalah tenaga dosen dengan jabatan akademik sekurang-kurangnya Lektor untuk lulusan S-2 dan lulusan S-3.  Tenaga akademik di luar ketentuan tersebut ditetapkan oleh Ketua Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan dengan mempertimbangkan kondisi obyektif.

                 

 

Komisi Pembimbing

Komisi Pembimbing adalah tenaga akademik yang bertanggung jawab membimbing mahasiswa dalam proses penyusunan tesis, dengan kriteria sebagai berikut :

a)    Berpredikat guru besar, doktor, dan magister;

b)    Dianggap cakap dalam bidang ilmu yang diambil sebagai pokok tesis.

c)    Bersedia bertindak sebagai pembimbing mahasiswa yang bersangkutan, dengan tugas dan tanggung jawab sebagaimana yang tercantum dalam uraian tugas komisi pembimbing;

d)    Pembimbing I minimal menduduki jabatan fungsional Lektor bagi yang berpendidikan S2, dan Asisten Ahli bagi yang berpendidikan S3.

 

Tugas Pembimbing

Tugas dari Pembimbing adalah sebagai berikut :

a)    Mengarahkan mahasiswa dalam penetapan pokok tesis;

b)    Membimbing mahasiswa dalam penyusunan proposal penelitian untuk penyusunan tesis;

c)    Mempertimbangkan saran penyempurnaan proposal penelitian berdasarkan hasil seminar proposal penelitian;

d)    Membimbing dan mengawasi pelaksanaan penelitian untuk penyusunan tesis;

e)    Membimbing mahasiswa dalam menyusun naskah tesis;

f)     Bertindak sebagai anggota panitia seminar proposal penelitian, seminar hasil penelitian, dan ujian tesis.

 

Perubahan Pembimbing

Apabila oleh karena sesuatu hal dipandang perlu penggantian personalia pembimbing, maka penggantian tersebut harus dengan persetujuan dan keputusan Ketua Program, melalui pertimbangan :

1)    Setelah minimal 2 (dua) bulan proses pembimbingan (konsultasi) baik dengan Pembimbing I ataupun Pembimbing II dan atau keduanya tidak ada perkembangan/kemajuan untuk dapat diseminarkan.

2)    Mahasiswa mengajukan permohonan penggantian pembimbing secara tertulis kepada Ketua Program Magsiter Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan dilengkapi dengan alasan sebagai dasar pertimbangan perubahan Komisi Pembimbing.

 

Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester

Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester dalam bentuk perkuliahan.  Nilai satu Satuan Kredit Semester (SKS) terdiri dari kegiatan-kegiatan per minggunya yaitu tatap muka 50 menit, kegiatan terstruktur 60 menit dan kegiatan mandiri 60 menit.

 

Pertemuan kelas sekurang-kurangnya 80 % kehadiran dosen dan mahasiswa.  Apabila kehadiran mahasiswa kurang dari 80 % dari jumlah pertemuan kelas, maka dosen dapat memberikan tugas tambahan mata kuliah yang bersangkutan.  Mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 80 % pertemuan kelas tidak diperkenankan mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) kecuali telah mendapat tugas tambahan dari dosen yang bersangkutan.

Ujian susulan hanya dapat diberikan jika ada surat pengantar dari pengelola Program Magister Ilmu Administrasi Negara Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

 

Nilai mata kuliah dari dosen yang mata kuliahnya diujikan harus masuk ke Bagian Akademik Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan paling lambat 2 minggu setelah berkas ujian diserahkan kepada dosen yang bersangkutan.  Bagi dosen yang terlambat menyerahkan nilai sesuai dengan batas waktunya, maka pengelola Program Magister Ilmu Administrasi Negara berhak memberikan nilai 75 (B+) kepada mahasiswa yang mengikuti ujian.

 

Ketentuan Beban Studi

Jumlah SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk menyelesaikan Program Magister Ilmu Administrasi adalah 48 SKS.

 

 

Beban Studi Mahasiswa

Beban studi mahasiswa adalah kegiatan wajib mahasiswa yang terdiri dari perkuliahan, tugas-tugas, seminar dan tesis yang dibatasi dengan jumlah SKS tertentu per semester.

 

Jumlah SKS Per Semester

  1. Jumlah SKS yang diambil pada semester pertama didasarkan atas IP terbaik dari S-1 atau perkuliahan Program Alih Tahun (PAT) yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan, yaitu:

 

IP  :         ³  3,0                                       :           15 sks

IP  :         ³  2,75    -           <      30        :           12 sks

IP  :         <  2,75                                    :             9 sks

 

  1. Jumlah SKS untuk semester pertama yang diperbolehkan bagi mahasiswa baru yang tidak mengikuti PAT yaitu 12 sks untuk IPK ³ 3,0 dan 9 sks untuk IPK ³ 2,75 - < 3,0.

 

  1. Jumlah SKS yang boleh diambil oleh mahasiswa pada semester kedua dan seterusnya didasarkan pada IPK yang diperoleh pada semester sebelumnya, dengan ketentuan :

 

IP  :         ³  3,0                                       :           15 sks

IP  :         ³  2,75    -           <      30        :           12 sks

IP  :         <  2,75                                    :             9 sks

 

 

Evaluasi Keberhasilan Studi

Cara Penilaian :

  1. Untuk menilai prestasi mahasiswa dalam kegiatan akademik digunakan ketentuan sebagai berikut :
  2. Penilaian hasil ujian suatu mata kuliah diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing dosen dengan sistem penilaian sebagai berikut :

 

  • A         =    ³    80,00        -           100,00
  • B+       =    ³    75,00        -           79,99
  • B         =    ³    70,00        -           74,99
  • C         =    ³    60,00        -           69,99
  • D         =    ³    50,00        -           59,99
  • E         =    <    50,00

 

Nilai akhir bagi mata kuliah yang diampuh oleh lebih dari satu dosen merupakan nilai gabungan dari semua dosen yang digabungkan oleh dosen koordinatornya dan/atau diserahkan ke Bagian Akademik.

 

Nilai akhir merupakan gabungan nilai : tugas/kuis, ujian tengah semester dan ujian akhir.  Selanjutnya nilai akhir ditentukan dengan kriteria seperti diuraikan pada butir 1.

 

 

Evaluasi Keberhasilan

a)    Mahasiswa yang pada akhir semester pertama belum dapat mencapai IPK 2,75 untuk 8 SKS akan diberi peringatan, agar berusaha lebih giat dalam studinya untuk memperbaiki prestasi pada semester berikutnya.

b)    Mahasiswa yang pada akhir semester kedua belum dapat mencapai IPK 2,75 untuk 16 SKS terbaik maka mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan gagal dan tidak diperkenankan melanjutkan studinya pada Program Studi Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

c)    Mata kuliah yang memperoleh nilai D wajib diulang dan nilai C dapat diulang dan dilaksanakan pada semester berikutnya.  Mata kuliah yang diulang hanya dapat dilakukan satu kali dan hasil nilai tertinggi ujian ulangan adalah B.

d)    Bagi mahasiswa yang telah menempuh minimum 24 SKS dengan IPK minimum 2,75 tanpa nilai D, maka yang bersangkutan dapat mengusulkan proposal penelitian.

e)    Proposal Penelitian harus disetujui oleh komisi pembimbing dan dipertahankan serta lulus di depan tim penguji proposal (terdiri dari komisi pembimbing ditambah tiga penguji yang telah ditetapkan Ketua Program Magsiter Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

f)     Mahasiswa yang lulus dalam seminar proposal penelitian dan apabila ada revisi sudah disetujui komisi pembimbing dan penguji, maka mahasiswa yang bersangkutan dapat melaksanakan penelitian lapangan (pengumpulan data).

 

Pelaksanaan Tesis

Tesis adalah tugas akhir mahasiswa Program Magister Ilmu Admnistrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan berupa karya tulis yang didasarkan atas hasil penelitian.  Tesis disusun dengan cara dan bentuk yang sesuai dengan peraturan yang ditetapkan, dan dibimbing oleh Komisi Pembimbing.  Bobot tesis adalah 6 SKS.  Penyusunan tesis terdiri dari beberapa tahapan, yaitu : (a) Pembuatan Proposal, (b) Penelitian, (c) Pembuatan Artikel Jurnal dan Tesis, (d) Seminar Hasil Penelitian, dan (e) Ujian Tesis.

 

1)    Pembuatan Proposal Penelitian

Proposal Penelitian adalah karya tulis mahasiswa yang berisi tentang rancangan kegiatan penelitian sebagai tugas akhir mengikuti studi pada Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.  Proposal Penelitian ditulis sesuai dengan pedoman penulisan tesis (tanpa bab hasil dan kesimpulan) yang ditetapkan, antara lain berisi :

a)    Pendahuluan, yang berisi tentang latar belakang penelitian, adanya fenomena-fenomena tertentu yang perlu dicermati, kerangka pemikiran atau dalam membuat permasalahan yang diajukan, maksud dan tujuan penelitian;

b)    Tinjauan Kepustakaan, yang berisi tentang karya-karya tulis dar pihak lain (berasal dari jurnal, kumpulan artikel penelitian, laporan kemajuan penelitian dari lembaga, dan sebagainya) yang menjadi pendukung maupun kontra terhadap permasalahan yang diajukan, termasuk pendapat yang meragukan tentang sesuatu konsep/permasalahan yang akan diteliti, dan peneliti membuat kritisi dalam permasalahan tersebut sehingga dapat diajukan konsep baru atau sesuatu yang baru yang perlu dilakukan penelitian;

c)    Metode Penelitian, yang antara lain berisi tentang metode yang digunakan oleh peneliti untuk mendekati permasalahan, penetapan contoh, macam parameter yang digunakan, cara mengukurnya, metode analisisnya serta cara uji yang ditetapkan, alat dan program yang digunakan serta cara penyajian hasilnya.  Pada bab ini juga disajikan informasi tentang tempat dan waktu penelitian serta ciri-ciri lain yang dapat mendukung penyajian proposal penelitian, dan;

d)    Kepustakaan, yang berisi tentang daftar karya tulis dari pihak-pihak tertentu yang mempunyai relevansi kuat terhadap penelitian yang akan dilakukan.  Penulisan pustaka menurut abjad sebagaimana dicontohkan dalam tatacara penulisan kepustakaan dalam Buku Pedoman Penulisan Tesis.

Proposal penelitian ini dapat diajukan oleh mahasiswa yang telah menempuh perkuliahan minimum 24 sks dengan IPK ³ 2,75 serta tidak ada nilai D.

 

2)    Seminar Proposal Penelitian

Proposal penelitian yang telah disusun dikonsultasikan kepada pembimbing untuk mendapat persetujuan dan setelah disetujui oleh pembimbing dapat segera diajukan untuk seminar proposal penelitian setelah melengkapi persyaratan administrasi yang telah ditentukan.

 

Pembimbing mengusulkan kepada Ketua  Program berdasarkan usulan Sekretaris menetapkan satu orang dosen penguji tambahan di luar Pembimbing.

 

Seminar proposal penelitian dipimpin oleh Ketua Komisi Pembimbing, apabila Ketua Komisi Pembimbing tidak dapat hadir karena sesuatu dan lain hal, dapat melimpahkan tugasnya secara tertulis kepada Anggota Komisi.

 

Seminar proposal penelitian dilaksanakan selama ±  90 menit dengan materi ujian adalah proposal penelitian antara lain meliputi kerangka penelitian, metode penelitian, penggunaan kepustakaan serta kemampuan penyajian dan mempertahankan isi proposalnya.

           

Penilaian presentasi mahasiswa dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

a)    Dilaksanakan oleh pembimbing, dan tim penguji;

b)    Nilai ditetapkan atas dasar mutu naskah proposal penelitian, penguasaan materi dan cara presentasi;

c)    Nilai ditulis pada lembar Berita Acara Seminar Proposal Penelitian yang telah disediakan.

 

Nilai lulus untuk seminar proposal penelitian minimal 75.  Apabila kurang dari nilai tersebut, mahasiswa harus mengulang dan diberi kesempatan 2 kali ulangan.  Apabila mahasiswa tidak lulus lagi maka yang bersangkutan dinyatakan gagal dalam studi di Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

           

Proposal yang telah disetujui oleh Pembimbing dan telah lulus dipertahankan di depan Tim Penguji, disahkan/ditanda tangani oleh Ketua Program. Selanjutnya mahasiswa yang bersangkutan dapat melaksanakan penelitian.

 

3)    Penelitian

Penelitian adalah kegiatan akademik mahasiswa yang merupakan aktivitas studi berupa survei atau percobaan yang akan digunakan untuk penulisan tesis.  Penelitian segera dilaksanakan oleh mahasiswa yang telah lulus dalam mempertahankan proposal penelitian di hadapan Tim Penguji.

 

Penelitian dapat dilaksanakan di daerah/wilayah yang dipilih (dapat di luar kota) sesuai dengan kepentingan penelitian tersebut dan disetujui oleh komisi pembimbing.  Sebelum melaksanakan penelitiannya, mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan persyaratan administrasi di Bidang Akademik Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat IndonesiaMedan.

 

Penelitian untuk penyusunan tesis dilaksanakan oleh mahasiswa sedapat mungkin sesuai dengan rencana penelitian dengan arahan pembimbing, setelah perbaikan seminar proposal penelitian.

 

Mahasiswa yang telah menyelesaikan penelitian, secepatnya segera menyusun artikel jurnal dan naskah tesis.

 

4)    Seminar Hasil Penelitian

Seminar Hasil Penelitian adalah forum presentasi laporan hasil penelitian yang diselenggarakan oleh Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan bagi mahasiswa penyusun tesis untuk memperoleh masukan penyempurnaan penelitian dalam rangka penyusunan tesis.

 

Seminar merupakan forum evaluasi hasil penelitian untuk menetapkan nilai mahasiswa dalam mata kuliah tersebut.

 

Persiapan dan pelaksanaan seminar hasil penelitian diatur dengan prosedur dan tata cara yang sama dengan seminar proposal penelitian.

 

Hasil penelitian selanjutnya dipresentasikan dalam seminar hasil penelitian dengan dihadiri:

  1. Pembimbing 1 dan pembimbing 2;
  2. Penguji umum;
  3. Mahasiswa Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan minimal 10 (sepuluh) orang sebagai pembahas.

 

Mahasiswa yang telah melaksanakan seminar hasil penelitian berhak untuk mengikuti ujian tesis apabila tesis yang ditulis telah disetujui oleh pembimbing.

 

 

 

5)    Ringkasan Tesis

Ringkasan tesis (Publikasi Ilmiah) dibuat terpisah dari tesis, memuat dengan lengkap tetapi singkat segenap materi tesis, yakni judul, nama penulis, pendahuluan, metode penelitian, hasil pembahasan, kesimpulan, saran dan daftar pustaka.

Publikasi Ilmiah disusun antara 10 hingga 20 halaman dibuat rangkap 2 (dua) dalam bentuk hardcopy dan data file sebanyak 1 (satu) buah dalam bentuk cd, diserahkan ke Bidang Akademik Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

 

Tesis adalah karya tulis mahasiswa didasarkan pada hasil penelitian yang telah dilaksanakan.  Naskah tesis ditulis berdasarkan acuan dalam buku Pedoman Penulisan Tesis Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.  Naskah tesis digunakan untuk bahan ujian tesis.

 

6)    Ujian Tesis

Mahasiswa yang tesisnya disetujui oleh pembimbingnya dan telah melaksanakan seminar hasil penelitian berhak mengikuti ujian tesis.

 

Ujian tesis dilaksanakan berdasarkan usulan mahasiswa kepada Ketua Program.  Ketua Program berdasarkan usulan Sekretaris menetapkan satu orang dosen penguji tambahan di luar Pembimbing.  Selanjutnya Sekretaris memproses penyelenggaraan ujian dan mengundang Tim Penguji disertai jadwal dan tempat ujian tesis.

 

Ujian Tesis dipimpin oleh Ketua Komisi Pembimbing.  Apabila Ketua Komisi Pembimbing tidak hadir karena sesuatu dan lain hal, dapat melimpahkan tugasnya secara tertulis kepada Anggota untuk memimpin ujian.

 

Ujian tesis dilaksanakan paling lama  120 menit dengan materi tesis antara lain meliputi kemampuan penguasaan materi tesis, kemampuan komprehensif dalam penyajian dan mempertahankan tesisnya.

 

Hasil ujian ditetapkan secara musyawarah sesuai dengan nilai yang diberikan penguji dan diumumkan langsung oleh Ketua Komisi Pembimbing kepada mahasiswa yang besangkutan.  Selanjutnya Yudisium akan dilaksanakan secara kolektif oleh Ketua Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

 

Penilaian tesis dibagi pada dasarnya dapat dikategorikan menjadi empat komponen dengan pembobotan nilai sebagai  berikut :

a)    Proposal  10 %

b)    Penelitian  20 %

c)    Penulisan Artikel Jurnal dan Seminar Hasil Penelitian 30 %

d)    Ujian Akhir Tesis 40 %

Butir-butir (i), (ii), dan (iii) diberikan oleh Komisi Pembimbing, dan butir (iv) oleh semua anggota tim penguji.

Nilai diberikan dengan sistem yang berlaku (A, B+, B, C, D dan E) Nilai akhir, merupakan rata-rata (sesuai dengan pembobotan) dari nilai-nilai yang disebutkan sebelumnya.

 

Nilai lulus untuk tesis minimum 2,75,  apabila kurang dari nilai tersebut, mahasiswa harus mengulang dan diberi kesempatan 1 kali ulangan.  Apabila mahasiswa tidak lulus lagi maka yang bersangkutan diberi tugas untuk perbaikan atau dinyatakan gagal dalam studi pada Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

 

Perbaikan tesis harus diselesaikan paling lambat satu bulan setelah ujian akhir.  Jika batas waktu perbaikan yang ditentukan habis dan perbaikan tesis belum selesai dan mahasiswa tidak dapat mempertanggungjawabkan alasannya kepada komisi pembimbing maka Ketua Komisi Pembimbing dapat mengusulkan agar mahasiswa yang bersangkutan menempuh ujian tesis lagi.

Mahasiswa yang mempertahankan tesis di depan penguji dan lulus serta telah melakukan revisi, kemudian menggandakan tesis tersebut sejumlah tertentu (untuk Pembimbing, Bidang Akademik, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan dan pihak lain yang memerlukan) kemudian disahkan dengan ditandatangani oleh pembimbing, penguji umum dan Ketua Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

 

Syarat Kelulusan

Mahasiswa dinyatakan lulus dari pendidikan Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan, apabila :

a)    Sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 48 SKS (termasuk tesis) dengan IPK    ³ 2,75 dan tidak terdapat nilai D.

b)    Mempunyai sertifikat kemampuan bahasa Inggris TOEFL atau setara TOEFL dengan nilai minimum 450, yang didapat dari Lembaga Bahasa Inggris yang diakui oleh Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

 

Predikat Kelulusan

Yudisium dilaksanakan setelah mahasiswa yang menyelesaikan persyaratan akademik dan administrasi.

 

Mahasiswa yang dinyatakan lulus menerima predikat kelulusan sebagai berikut :

a)    Lulus dengan predikat cumlaude : Apabila mahasiswa mempunyai IPK ³ 3,85 tanpa nilai C, lama studi maksimal dua tahun dan nilai ujian tesis A.

b)    Lulus dengan sangat memuaskan : Apabila mencapai IPK ³ 3,75, tetapi tidak memenuhi syarat 1; atau apabila IPK : 3,50 - 3,74 dengan lama studi maksimal tiga tahun.

c)    Lulus memuaskan : Apabila mencapai IPK ³ 2,75 atau tidak memenuhi syarat 2.

 

Batas Waktu Studi

Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan dirancang dalam kurun waktu 4 semester (2 tahun) dan maksimal 8 semester (4 tahun).  Bagi mahasiswa yang belum dapat menyelesaikan studi dalam 4 tahun tanpa alasan yang dapat dipertanggung jawabkan, maka mahasiswa tersebut dinyatakan gagal mengikuti program magister.  Lama studi tidak terhitung cuti akademik, dan setiap mahasiswa berhak cuti 2 (dua) semester dalam masa studinya.

 

 

urikulum

SEMESTER

MATA KULIAH

KODE

MATA KULIAH

SKS

(1)

(2)

(3)

(4)

I

  1. Metode Penelitian Ilmu Administrasi

MKW 111

3

  1. Teori Ilmu Administrasi

MKW 112

3

  1. Enterpreneurship dan Etika Birokrasi

MKW 113

3

  1. Administrasi Sumber daya Manusia

MKW 114

3

  1. Adm. Anggaran Kebijakan Negara

MKW 115

3

II

  1. Administrasi Pembangunan Negara

MKW 213

3

  1. Keuangan Negara di Daerah

MKM 214

3

  1. Politik Hukum Ilmu Administrasi

MKW 213

3

  1. Administrasi Proyek Pemerintahan

MKP 212

3

  1. Analisa Kebijakan Administrasi

MKW 212

3

1. KONSENTRASI ADM PEMERINTAHAN  DAERAH

 

III

Capita Selekta Ilmu Administrasi

MKKPD 313

3

Otonomi Daerah & SDM

MKKPD 311

3

Administrasi Pemerintahan Daerah

MKKPD 312

3

Isu dan Masalah Desentralisasi

MKPPD 312

3

IV

Tesis

MKW 301

6

2. KONSENTRASI ADMINISTRASI PENDIDIKAN

 

III

Teori Adm dan Manajemen Pendidikan

MKKP 311

3

Filsafat Administrasi Pendidikan

MKKP 312

3

Pengamb.Kepu. & Kebijakan Pendidikan

MKKP 313

3

Pendekatan Sistem Dalam Pendidikan

MKPP 319

3

IV

Tesis

MKW 301

6

3. KONSENTRASI ADMINISTRASI BISNIS

 

 

III

Administrasi Keuangan Bisnis

MKKB 311

3

Etika Bisnis

MKKB 312

3

Hukum Bisnis

MKKB 313

3

Analisis Kebijakan Bisnis

MKPB 312

3

IV

Tesis

MKW 301

6

 

Dual Bahasa

Kalender Akademik

    « Nov 2017 »
    M S S R K J S
    29 30 31 1 2 3 4
    5 6 7 8 9 10 11
    12 13 14 15 16 17 18
    19 20 21 22 23 24 25
    26 27 28 29 30 1 2
    3 4 5 6 7 8 9

Survey Pendapat

    Menurut Anda Bagaimana Tampilan menu Website ini ?

     

Pesan Singkat

Customer Support

    Informasi
    BAAK
    Program Studi
    Unit Lab